Profil SMKS Pakusarakan Cikampek
SMKS Pakusarakan Cikampek adalah salah
satu SMK Swasta yang berada dibawah naungan kantor Cabang Dinas Wilayah IV
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, profil lengkap dari SMKS Pakusarakan
Cikampek sebagai berikut :
Nama Sekolah |
: SMKS PAKUSARAKAN
CIKAMPEK |
NPSN |
: 20217800 |
Bentuk Pendidikan |
: SMK |
Status Sekolah |
: Swasta |
Status Kepemilikan |
: Yayasan |
SK Izin Operasional |
:
1627/102.1/Kep/OT/1999 |
Tanggal SK |
: 1999-04-14 |
Alamat |
: Jl. Jend. A. Yani
Perum BMI Blok H |
Desa/Kelurahan |
: Dawuan Tengah |
Kecamatan |
: Kec. Cikampek |
Kabupaten/Kota |
: Kab. Karawang |
Propinsi |
: Prov. Jawa Barat |
Nama Dusun |
: Karanggelam |
Kode Pos |
: 41373 |
Lintang |
: -6.3889 |
Bujur |
: 107.439 |
SK Pendirian Sekolah |
: 168/102-8h/Mn/97 |
Tanggal SK |
: 1997-04-14 |
Nomor Telepon |
: 0264301954 |
Email |
: pakusarakansmkpks@gmail.com |
Website |
:
http://web.smkpakusarakanckp.sch.id/ |
SMKS
Pakusarakan Cikampek merupakan sekolah yang memiliki kekuatan berdasarkan
faktor internal :
a. Memiliki
pemimpin yang berkomitmen tinggi akan membawa perubahan baik untuk SMKS
Pakusarakan Cikampek baik perubahan kinerja Sumber Daya Manusia ataupun
Pelayanan
b. Memiliki
Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang linear sesuai dengan masing -
masing bidang dan Ijazah
c. Memiliki
Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang memiliki sertifikasi kompetensi
sesuai dengan program keahliannya
d. Memiliki
peserta didik yang potensial sesuai dengan Program Keahlian
e. Memiliki
lulusan yang kompeten di bidangnya dan lulusan yang siap kerja menyesuaikan
kebutuhan Dunia Industri dan Dunia Usaha
f.
Mendapat sumber dana dari pemerintah
berupa BOPD dan BOS
g. Mendapat
sumber dana lain dari berbagai sumber yang di perbolehkan
h. Memiliki
sarana dan prasarana yang cukup memadai
i.
Memiliki Ekstrakurikuler yang mengikuti
budaya daerah dan dunia teknologi
j.
Memiliki RPS (Ruang Praktikum Siswa)
sesuai program keahlian
k. Menjadi
program SMK Pusat Keunggulan Skema Lanjutan
l.
Memiliki kerja sama dengan pihak ke tiga
sebagai upaya peningkatan pelayanan,
baik kerja sama yang langsung berhubungan dengan pelayanan utama atau pun
layanan penunjang
m. Memiliki
program TeFa (Teaching Factory)
n. Memiliki
kurikulum yang selaras dengan Dunia Usaha / Dunia Industri
o. Mendapatkan
bantuan dana atau pun sarana dan prasarana dari instansi pemerintah dan swasta
p. Kemitraan dengan dunia kerja dan perguruan tinggi swasta yang insentif dalam kegiatan - kegiatan link and match.
Rapor
Mutu Pendidikan SMKS Pakusarakan Cikampek
Sesuai
Pemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2022, kualitas hasil belajar peserta didik
pada Sekolah menengah kejuruan mencakup :
a. Kompetensi
Literasi
b. Kompetensi
Numerasi
c. Budaya
kerja; data keserapan lulusan di dunia kerja, berwirausaha, dan atau
melanjutkan ke Pendidikan tinggi.
Dibandingkan
tahun 2023, Kemampuan literasi SMKS PAKUSARAKAN CIKAMPEK mengalami peningkatan
paling tinggi di antara indikator lain. Dari seluruh capaian tahun ini,
Penyerapan lulusan SMK menjadi indikator dengan pencapaian terbaik. Meski
demikian, Kemampuan numerasi adalah indikator dengan pencapaian terendah, yang
salah satunya disebabkan oleh rendahnya Kompetensi pada domain Bilangan. Contoh
upaya untuk membenahi hal ini adalah melalui peningkatan kompetensi GTK dan
kebijakan yang menunjang kemampuan numerasi pada domain Bilangan.
Penilaian rapor mutu Pendidikan sekolah, Dibandingkan
tahun 2023, Kemampuan numerasi SMKS PAKUSARAKAN CIKAMPEK mengalami peningkatan
paling tinggi di antara indikator lain. Dari seluruh capaian tahun ini,
Kualitas pembelajaran menjadi indikator dengan pencapaian terbaik. Meski
demikian, Kemampuan literasi adalah indikator dengan pencapaian terendah, yang
salah satunya disebabkan oleh rendahnya Kompetensi membaca teks sastra. Salah
satu contoh untuk memperbaiki hal ini melalui peningkatan kompetensi guru dan
kebijakan yang menunjang kompetensi membaca teks sastra.
Adapun situasi SMKS Pakusarakan Cikampek
saat ini berdasarkan dari penilaian rapor mutu Pendidikan tahun 2023, sebagai
berikut :
1. Kemampuan
Literasi
Persentase jumlah peserta
didik yang telah mencapai kompetensi minimum untuk Kemampuan Literasi tahun ini
34,09%, naik 25,2 dari tahun 2023 (persentase 8,89%). Kurang (34,09% peserta
didik sudah mencapai kompetensi minimum) artinya kurang dari 40% peserta didik
telah mencapai kompetensi minimum untuk literasi membaca perlu upaya mendorong
peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum.
2. Kemampuan
Numerasi
Persentase jumlah peserta
didik yang telah mencapai kompetensi minimum untuk Kemampuan Numerasi tahun ini
26,67%, naik 11,11 dari tahun 2023 (persentase 15,56%). Kurang (26,67% peserta
didik sudah mencapai kompetensi minimum) artinya kurang dari 40% peserta didik
telah mencapai kompetensi minimum untuk numerasi perlu upaya mendorong peserta
didik dalam mencapai kompetensi minimum.
3. Karakter
Nilai capaian Karakter
Anda tahun ini 49,49, turun 1,36 dari tahun 2023 (50,85). Sedang artinya Peserta
didik telah menyadari pentingnya nilai-nilai karakter pelajar pancasila yang
berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta
berkebinekaan global, namun masih perlu dukungan untuk menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Iklim
Keamanan Satuan Pendidikan
Nilai capaian Iklim
Keamanan Satuan Pendidikan Anda tahun ini 52,3, turun 4,63 dari tahun 2023
(56,93). Sedang artinya Satuan pendidikan mulai mengembangkan iklim keamanan
dalam aspek kesejahteraan psikologis, perundungan, hukuman fisik, kekerasan
seksual, dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan satuan pendidikan. Oleh
karena itu, satuan pendidikan dapat melanjutkan intervensi dengan meningkatkan
kemampuan mencegah dan menangani kasus di lingkungan satuan pendidikan.
5. Iklim
Kebinekaan
Nilai capaian Iklim
Kebinekaan Anda tahun ini 60,72, naik 2,41 dari tahun 2023 (58,31). Baik
artinya Satuan pendidikan sudah mampu menghadirkan suasana proses pembelajaran
yang menjunjung tinggi toleransi agama/kepercayaan dan budaya; mendapatkan
pengalaman belajar yang berkualitas; mendukung kesetaraan agama/kepercayaan,
dan budaya; serta memperkuat nasionalisme.
6. Kualitas
Pembelajaran
Nilai capaian Kualitas
Pembelajaran Anda tahun ini 58,67, naik 0,23 dari tahun 2023 (58,44). Sedang
artinya Pembelajaran mengarah pada peningkatan kualitas yang ditunjukkan dengan
suasana kelas yang mulai kondusif dan adanya dukungan afektif serta aktivasi
kognitif dari guru.
7. Penyerapan
Lulusan SMK
Penyerapan Lulusan SMK
adalah Lulusan SMK yang bekerja, wirausaha, dan/atau melanjutkan studi satu
tahun pasca lulus. Nilai capaian Penyerapan Lulusan SMK Anda tahun ini 89,15.
Namun, perbandingan nilai capaian tidak bisa dihitung dan ditampilkan karena
partisipasi responden dalam mengikuti Tracer Study tahun lalu tidak memadai.
Baik
artinya Penyerapan lulusan SMK (Bekerja, Melanjutkan Studi, dan/atau
Berwirausaha) tinggi.
8. Link
and Match dengan Dunia Kerja
Link and Match
dengan Dunia Kerja adalah Keselarasan SMK dengan kebutuhan dan standar dunia
kerja; meliputi aspek pembelajaran, Teaching Factory (TeFa), sarana prasarana
pembelajaran, kompetensi guru dan tenaga kependidikan, kepemimpinan kepala sekolah,
pengelolaan Bursa Kerja Khusus (BKK), keterlibatan komite sekolah, praktisi
pengajar dari dunia kerja, dan magang guru. Nilai capaian Link and Match
dengan Dunia Kerja Anda tahun ini 57,29. Namun, perbandingan nilai capaian
dengan tahun lalu tidak bisa dihitung karena instrumen penilaian yang digunakan
tahun ini dan tahun lalu berbeda. Kurang artinya Perlu perhatian serius untuk
peningkatan keselarasan SMK dan dunia kerja dalam aspek pembelajaran,
kelembagaan, dan kompetensi SDM di SMK.