Follow Us:

Profil Sekolah

           Profil SMKS Pakusarakan Cikampek

SMKS Pakusarakan Cikampek adalah salah satu SMK Swasta yang berada dibawah naungan kantor Cabang Dinas Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, profil lengkap dari SMKS Pakusarakan Cikampek sebagai berikut :

Nama Sekolah

: SMKS PAKUSARAKAN CIKAMPEK

NPSN

: 20217800

Bentuk Pendidikan

: SMK

Status Sekolah

: Swasta

Status Kepemilikan

: Yayasan

SK Izin Operasional

: 1627/102.1/Kep/OT/1999

Tanggal SK

: 1999-04-14

Alamat

: Jl. Jend. A. Yani Perum BMI Blok H

Desa/Kelurahan

: Dawuan Tengah

Kecamatan

: Kec. Cikampek

Kabupaten/Kota

: Kab. Karawang

Propinsi

: Prov. Jawa Barat

Nama Dusun

: Karanggelam

Kode Pos        

: 41373

Lintang

: -6.3889

Bujur

: 107.439

SK Pendirian Sekolah

: 168/102-8h/Mn/97

Tanggal SK    

: 1997-04-14

Nomor Telepon

: 0264301954

Email  

: pakusarakansmkpks@gmail.com

Website

: http://web.smkpakusarakanckp.sch.id/

 

 

          Kekuatan Internal

SMKS Pakusarakan Cikampek merupakan sekolah yang memiliki kekuatan berdasarkan faktor internal :

a.       Memiliki pemimpin yang berkomitmen tinggi akan membawa perubahan baik untuk SMKS Pakusarakan Cikampek baik perubahan kinerja Sumber Daya Manusia ataupun Pelayanan

b.      Memiliki Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang linear sesuai dengan masing - masing bidang dan Ijazah

c.       Memiliki Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang memiliki sertifikasi kompetensi sesuai dengan program keahliannya

d.      Memiliki peserta didik yang potensial sesuai dengan Program Keahlian

e.       Memiliki lulusan yang kompeten di bidangnya dan lulusan yang siap kerja menyesuaikan kebutuhan Dunia Industri dan Dunia Usaha

f.        Mendapat sumber dana dari pemerintah berupa BOPD dan BOS

g.      Mendapat sumber dana lain dari berbagai sumber yang di perbolehkan

h.      Memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai

i.        Memiliki Ekstrakurikuler yang mengikuti budaya daerah dan dunia teknologi

j.        Memiliki RPS (Ruang Praktikum Siswa) sesuai program keahlian

k.      Menjadi program SMK Pusat Keunggulan Skema Lanjutan

l.        Memiliki kerja sama dengan pihak ke tiga sebagai upaya peningkatan  pelayanan, baik kerja sama yang langsung berhubungan dengan pelayanan utama atau pun layanan penunjang

m.    Memiliki program TeFa (Teaching Factory)

n.      Memiliki kurikulum yang selaras dengan Dunia Usaha / Dunia Industri

o.      Mendapatkan bantuan dana atau pun sarana dan prasarana dari instansi pemerintah dan swasta

p.      Kemitraan dengan dunia kerja dan perguruan tinggi swasta yang insentif dalam kegiatan - kegiatan link and match.



                    Rapor Mutu Pendidikan SMKS Pakusarakan Cikampek

Sesuai Pemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2022, kualitas hasil belajar peserta didik pada Sekolah menengah kejuruan mencakup :

a.       Kompetensi Literasi

b.      Kompetensi Numerasi

c.       Budaya kerja; data keserapan lulusan di dunia kerja, berwirausaha, dan atau melanjutkan ke Pendidikan tinggi.

Dibandingkan tahun 2023, Kemampuan literasi SMKS PAKUSARAKAN CIKAMPEK mengalami peningkatan paling tinggi di antara indikator lain. Dari seluruh capaian tahun ini, Penyerapan lulusan SMK menjadi indikator dengan pencapaian terbaik. Meski demikian, Kemampuan numerasi adalah indikator dengan pencapaian terendah, yang salah satunya disebabkan oleh rendahnya Kompetensi pada domain Bilangan. Contoh upaya untuk membenahi hal ini adalah melalui peningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang kemampuan numerasi pada domain Bilangan.

Penilaian rapor mutu Pendidikan sekolah, Dibandingkan tahun 2023, Kemampuan numerasi SMKS PAKUSARAKAN CIKAMPEK mengalami peningkatan paling tinggi di antara indikator lain. Dari seluruh capaian tahun ini, Kualitas pembelajaran menjadi indikator dengan pencapaian terbaik. Meski demikian, Kemampuan literasi adalah indikator dengan pencapaian terendah, yang salah satunya disebabkan oleh rendahnya Kompetensi membaca teks sastra. Salah satu contoh untuk memperbaiki hal ini melalui peningkatan kompetensi guru dan kebijakan yang menunjang kompetensi membaca teks sastra.

 

 

 

Adapun situasi SMKS Pakusarakan Cikampek saat ini berdasarkan dari penilaian rapor mutu Pendidikan tahun 2023, sebagai berikut :

1.      Kemampuan Literasi

Persentase jumlah peserta didik yang telah mencapai kompetensi minimum untuk Kemampuan Literasi tahun ini 34,09%, naik 25,2 dari tahun 2023 (persentase 8,89%). Kurang (34,09% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum) artinya kurang dari 40% peserta didik telah mencapai kompetensi minimum untuk literasi membaca perlu upaya mendorong peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum.

2.      Kemampuan Numerasi

Persentase jumlah peserta didik yang telah mencapai kompetensi minimum untuk Kemampuan Numerasi tahun ini 26,67%, naik 11,11 dari tahun 2023 (persentase 15,56%). Kurang (26,67% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum) artinya kurang dari 40% peserta didik telah mencapai kompetensi minimum untuk numerasi perlu upaya mendorong peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum.

3.      Karakter

Nilai capaian Karakter Anda tahun ini 49,49, turun 1,36 dari tahun 2023 (50,85). Sedang artinya Peserta didik telah menyadari pentingnya nilai-nilai karakter pelajar pancasila yang berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta berkebinekaan global, namun masih perlu dukungan untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

4.      Iklim Keamanan Satuan Pendidikan

Nilai capaian Iklim Keamanan Satuan Pendidikan Anda tahun ini 52,3, turun 4,63 dari tahun 2023 (56,93). Sedang artinya Satuan pendidikan mulai mengembangkan iklim keamanan dalam aspek kesejahteraan psikologis, perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan satuan pendidikan. Oleh karena itu, satuan pendidikan dapat melanjutkan intervensi dengan meningkatkan kemampuan mencegah dan menangani kasus di lingkungan satuan pendidikan.

 

5.      Iklim Kebinekaan

Nilai capaian Iklim Kebinekaan Anda tahun ini 60,72, naik 2,41 dari tahun 2023 (58,31). Baik artinya Satuan pendidikan sudah mampu menghadirkan suasana proses pembelajaran yang menjunjung tinggi toleransi agama/kepercayaan dan budaya; mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas; mendukung kesetaraan agama/kepercayaan, dan budaya; serta memperkuat nasionalisme.

6.      Kualitas Pembelajaran

Nilai capaian Kualitas Pembelajaran Anda tahun ini 58,67, naik 0,23 dari tahun 2023 (58,44). Sedang artinya Pembelajaran mengarah pada peningkatan kualitas yang ditunjukkan dengan suasana kelas yang mulai kondusif dan adanya dukungan afektif serta aktivasi kognitif dari guru.

7.      Penyerapan Lulusan SMK

Penyerapan Lulusan SMK adalah Lulusan SMK yang bekerja, wirausaha, dan/atau melanjutkan studi satu tahun pasca lulus. Nilai capaian Penyerapan Lulusan SMK Anda tahun ini 89,15. Namun, perbandingan nilai capaian tidak bisa dihitung dan ditampilkan karena partisipasi responden dalam mengikuti Tracer Study tahun lalu tidak memadai. Baik artinya Penyerapan lulusan SMK (Bekerja, Melanjutkan Studi, dan/atau Berwirausaha) tinggi.

8.      Link and Match dengan Dunia Kerja

Link and Match dengan Dunia Kerja adalah Keselarasan SMK dengan kebutuhan dan standar dunia kerja; meliputi aspek pembelajaran, Teaching Factory (TeFa), sarana prasarana pembelajaran, kompetensi guru dan tenaga kependidikan, kepemimpinan kepala sekolah, pengelolaan Bursa Kerja Khusus (BKK), keterlibatan komite sekolah, praktisi pengajar dari dunia kerja, dan magang guru. Nilai capaian Link and Match dengan Dunia Kerja Anda tahun ini 57,29. Namun, perbandingan nilai capaian dengan tahun lalu tidak bisa dihitung karena instrumen penilaian yang digunakan tahun ini dan tahun lalu berbeda. Kurang artinya Perlu perhatian serius untuk peningkatan keselarasan SMK dan dunia kerja dalam aspek pembelajaran, kelembagaan, dan kompetensi SDM di SMK.